Hasil Lokakarya II APSI

Pada bulan lalu, tepatnya tanggal 1-2 Februari 2020, Asosiasi Property Syariah Indonesia (APSI) telah melaksanakan Lokakarya ke-2 yang bertempat di hotel Namira Syariah Surabaya.

Hadir sebagai pembicara utama , Dewan Pengawas Syariah APSI :

  1. Ust. Dr. Sufyan Baswedan , LC, MA
  2. Ust. Dr. Arifin Badri, LC, MA
  3. Ust. Anas Burhanudin , MA
  4. Ust. Kholid Syamhudi, LC

Pada Lokakarya II kali ini, juga dihadiri oleh:

  1. Ir.Hadiana
  2. Royzani, ST
  3. Ir. Muh Abubakar
  4. Ir. Ihsan Haryanto
  5. Teuku Fadhil Aruna, ST,MT
  6. Dan segenap jajaran DPP APSI

Acara ini ditujukan untuk membahas implementasi Akad-akad antara Developer dengan Bank Syariah.

Hal ini dirasakan penting karena setelah dengan bank syariah, implementasi di lapangan nya masih sangat terkendala. dimana anggota APSI ketika ingin melakukan akad atau transaksi melalui bank syariah masih mendapatkan akad-akad yang tidak syar’i.

Pada penerapannya masih ada klausul-klausul yang masih berbau riba atau horor juga mengandung unsur kedzholiman.

Untuk itulah maka para dewan pengawas Syariah APSI membedah draft akad yang biasa digunakan pada bank syariah supaya bisa diberikan masukan-masukan yang benar syar’i.

Alhamdulillah pada kesempatan ini hadir pula perwakilan pejabat bank syariah pusat, sehingga nasehat itu bisa diberikan secara langsung pada pengambil kebijakan.

semoga kegiatan ini memberikan dampak positif dan memberi kebaikan kepada seluruh kaum muslimin di negeri Indonesia tercinta. Aamiin

Kegiatan hari ke-2 membahas tentang penguatan organisasi APSI diantaranya :

APSI mempersiapkan sistem untuk menyambut rekan-rekan developer konvensional yang ingin hijrah menjalankan developer properti syariah, program ini dikhususkan untuk teman-teman developer yang sudah berpengalaman mempunyai project developer secara konvensional,  mengapa harus dikhususkan? Karena sangat tidak nyaman peserta yang sudah berpengalaman diajari dari nol dicampurkan dengan orang yang benar-benar baru mau belajar, APSI siap menyambut teman teman yang ingin hijrah ke devoper syariah.

Pada kesempatan lokakarya II dihasilkan komitmen untuk membuat project consortium yang benar-benar dari awal sampai akhir dikawal dan diterapkannya sistem-sistem yang diajarkan oleh APSI,  selama ini anggota sudah mempunyai project masing-masing, namun untuk mnjaga kebersamaan,  menguatkan ukhuwah, serta menjaga istiqomah dengan kesyariaahan. Maka perlu diwujudkannya project consortium

Alhamdulillaah APSI juga membahas alternatif-alternatif permodalan diluar perbankan / lembaga keuangan.

Sehingga bisa menjadi solusi permodalan yang terbebas dari unsur riba,  ghoror dan kedzaliman, APSI tetap berharap dunai perbankan syariah benar-benar bisa menerapkan sistem syariah pada akad-akadnya,  sebagaimana yang sudah diajarkan oleh para dewan pengawas syariah APSI. 

Acara ini kemudian ditutup dengan berbagai macam sikap, pandangan, serta bagaimana cara menyikapi kondisi isu² terkini tentang properti syariah, pada kesempatan ini juga para peserta lokakarya berkesempatan untuk mencoba berkuda di kesatria stable milik bapak Johan setia DPW JATIM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *